KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN

       Sastra dalam arti kebudayaan adalah ekspresi atau perasaan manusia. Dalam arti pengertian sastra tersebut ialah sebagai bentuk dan upaya manusia untuk mengeluarkan ekspresi dan pemikirannya sesuai dari hati dan perasaannya. Kesusastraan secara keseluruhan dapat diartikan sebagai tulisan yang baik dan benar, baik secara makna dan bentuk kalimatnya. Ilmu budaya dasar tidak lepas dari sastra dan budaya. Materi dalam ilmu budaya dasar banyak membahas tentang seni sastra dan kebudayaan.  IBD di Indonesia sangat beragam membahas berbagai macam budaya karena masyarakat Indonesia yang sangat majemuk. Di Negara kita ini di Indonesia terdiri dari 33 provinsi dan lebih dari ratusan bahkan ribuan suku , sehingga membuat Indonesia kaya akan budaya dan seni.

       Pengertian IBD secara luas yang dimana ilmu pengetahuan yang  sudah  mempelajari segala tentang budaya dan ilmu budaya dasar berperan penting dalam suatu masyarakat yang dimana dapat mengembangkan kepribadian kita serta wawasan kita mengenai budaya,seperti aspek kesenian adat istiadat,bahasa suatu bangsa untung lebih mengenal budaya yang ada dalam bangsa . ketika seseorang yang memiliki ilmu budaya dasar,mengerti untuk bisa mengembangkan kepribadian kita serta wawasan kita mengenai budaya atau apapun ilmu yang berguna bagi kita ,dan dengan ditambahkan norma norma kesusastraan yaitu keindahan dan keserasian, maka hasilnya akan jauh berbeda. pembaca buku atau artikel nantinya akan menghayati cipta karya yang ada, dan belajar sesuatu yang bermanfaat dari cipta karya orang lain.

       IBD dalam materi kesusastraan sering dikaitkan dengan sebuah prosa. Prosa adalah suatu karya seni yang bisa disebut juga dengan cerita fiksi. Yaitu cerita yang bisa menghibur seorang pembaca dan juga bisa memberikan imajinasi kepada si pembaca tersebut. Bahasa (sastra) dan kebudayaan merupakan dua sistem yang melekat pada manusia. Jika kebudayaan adalah sistem yang mengatur interaksi manusia di dalam masyarakat, maka bahasa (sastra) adalah suatu sistem yang berfungsi sebagai sarana berlangsunganya suatu interaksi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s