Pengalaman dengan Cybercrime ataupun Cyberlaw

Sebelumnya saya akan menjelaskan dulu apa itu yang di maksud dengan Cybercrime aataupun Cryberlaw. Cybercrime adalah tindak kriminal yang dilakukan menggunakan teknologi komputer sebagai alat kejahatan utama.Cybercrime ini merupakan kejahatan yang memanfaatkan perkembangan teknologi komputer khususnya internet. Sedangkan Cyberlaw sendiri adalah hukum yang ada di dunia maya yang mengatur tentang penggunaan dan pemanfaatan teknologi internet. Cyberlaw merupakan aspek hukum yang ruang lingkupnya meliputi setiap aspek yang berhubungan dengan orang perorangan atau subyek hukum yang menggunakan dan memanfaatkan teknologi internet yang dimulai pada saat mulai online dan memasuki dunia cyber atau maya.

Kalo untuk pengalaman pribadi memiliki hal kecil yang pernah dialami dan mungkin berkaitan dengan Cybercrime. Dulu saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas pernah mempunyai masalah yang  menghujat dan menjatuhkan nama baik sesorang melalui media sosial .Tapi sekarang sadar kalo itu cuma masa untuk mencari jati diri dan mungkin akan tersenyum sendiri ketika mengingat hal tersebut.

Hal cybercrime yang saya liat dirasakan sendiri oleh temen dekat saya. Dia membeli suatu produk barang menggunakan online. kemudian dia mentransfer uang tersebut kepada si penjual dan sampai sekarang barang yang dia bayarkan belum sampai kepada dia. dan kejadian itu sudah berjalan 3 bulan ini. jadi untuk semua khususnya yang suka berbelanja barang menggunakan online sebaiknya untuk lebih berhati-hati ketika membeli suatu barang. dan mungkin saran yang paling baik adalah transaksi langsung antara penjual dengan pembeli atau sering disebut COD (Cash On Delivery).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s